Menulis Program Pertama Anda dengan Delphi 7


Menulis Program Pertama Anda dengan Delphi 7

Berbagai jenis aplikasi
Delphi memungkinkan Anda untuk membuat GUI (Graphical User Interface) atau Console (teks saja) aplikasi (program) bersama dengan jenis lain. Kami akan menyibukkan diri di sini dengan aplikasi, umum modern, GUI. Delphi tidak membuat pekerjaan kita menjadi banyak - programmer hanya menggunakan mouse untuk mengklik,drag, ukuran dan posisi grafis untuk membangun setiap layar aplikasi.

Setiap bagian (atau elemen) dapat pasif (menampilkan teks atau grafis), atau aktif (merespon mouse user atau tindakan keyboard). Tindakan ini dapat membantu Anda dengan blog hosting  juga.

Hal ini diilustrasikan dengan program yang sangat sederhana seperti program berikut ini:


Membuat sebuah program 'Hello World' sederhana
Ketika Anda pertama kali menjalankan Delphi, akan mempersiapkan di layar aplikasi grafis baru. Ini terdiri dari sejumlah jendela, termasuk menu bar, editor kode, dan layar pertama (bentuk) dari program kami. Jangan khawatir tentang jendela editor saat ini. Bentuknya harus terlihat seperti ini:




Kami telah menunjukkan bentuk kecil untuk kenyamanan menulis di sini, tapi Anda akan merasa lebih besar pada komputer Anda. Ini adalah bentuk kosong, ke mana kita dapat menambahkan berbagai kontrol dan informasi. Jendela menu memiliki deretan item grafis yang dapat Anda tambahkan ke form. Mereka berada dalam kelompok tab: Standart, Additonal, Win32 dan sebagainya.

Kami akan memilih yang paling sederhana dari koleksi Standar. Klik pada gambar A untuk memilih Label.  A Ini kemudian yang  dipilih:



Setelah memilih sebuah elemen grafis, kita kemudian menandai pada form dimana kita ingin menempatkan elemen. Hal ini dilakukan dengan mengklik dan menyeret. Ini memberi kita bentuk elemen pertama kami:




Mengubah sifat elemen grafis
Perhatikan bahwa elemen grafis berisi Label1 teks serta mengubah ukuran sudut. Teks ini disebut Caption, dan akan muncul saat kita menjalankan aplikasi. ThisCaption disebut Properti dari label. Label memiliki sifat lainnya seperti tinggi dan lebar, tetapi untuk sekarang, kita hanya peduli dengan judul.

Mari kita kosong keluar judul. Kami melakukan ini di jendela disebut Object Inspector (tersedia di bawah item menu View jika belum ada):




Menambahkan sebuah elemen layar aktif
Jika sekarang kita kembali ke koleksi elemen Standar grafis, dan pilih tombol, yang ditunjukkan sebagai tombol yang sangat kecil dengan OK di atasnya, kita bisa menambahkan ini ke formulir sebagaimana ini:





Kami sekarang memiliki label dan tombol pada formulir. Tapi tombol akan melakukan apa-apa saat ditekan sampai kita memberitahu Delphi apa yang kita inginkan.

Jadi kita harus menetapkan tindakan, disebut Acara, untuk tombol. Acara utama untuk tombol adalah Klik. Hal ini dapat diaktifkan hanya dengan mengklik ganda tombol pada formulir.

Ini otomatis akan menambahkan sebuah acara yang disebut OnClick untuk tombol, dan menambahkan sebuah event handler yang terkait dalam kode program:



Ini 'kerangka' kode tidak akan melakukan apapun seperti berdiri. Kita harus menambahkan beberapa kode. Code yang kita tambahkan akan dijalankan ketika tombol diklik. Jadi mari kita mengubah caption label ketika tombol ditekan.

Seperti yang kita ketik, Delphi membantu kita dengan daftar pilihan yang mungkin untuk item yang kita kerjakan. Dalam hal kami, kami sedang mengatur keterangan Label:



Disini anda melihat bahwa Delphi telah mencatatkan seluruh tindakan yang tepat yang dimulai dengan ca. Jika kita pressEnter, Delphi akan menyelesaikan item sedang dipilih dalam daftar. Kami menetapkan 'Hello World' nilai teks ke properti keterangan. Perhatikan bahwa kita mengakhiri baris kode ini dengan: - semua kode Delphi laporan akhir dengan indikator ini. Hal ini memungkinkan kita untuk menulis perintah penyebaran di beberapa baris - menceritakan Delphi ketika kita selesai perintah.



Dan kita sekarang telah selesai aksi kami sangat sederhana - kami akan mengatur label untuk 'Hello World' ketika tombol ditekan.


Menjalankan program pertama kami
Untuk menjalankan program, kita bisa klik pada segitiga Hijau (seperti tombol Video bermain), atau tekan F9. Ketika program dijalankan akan terlihat seperti ini:



Ketika kita klik pada tombol, kita mendapatkan:



dan program kami telah mengatur teks Label seperti yang kita minta.

Perhatikan bahwa program ini masih berjalan. Kita bisa klik sebanyak yang kita suka dengan hasil yang sama. Hanya ketika kita menutup program dengan mengklik kanan atas X akan itu mengakhiri.


Melihat kode yang dihasilkan Delphi
Sementara kita hanya mengetik satu baris kode, Delphi telah diketik banyak untuk kita. Mari kita lihat kode program utama. Perhatikan bahwa kita memiliki komentar ditambahkan (dalam warna hijau, dimulai dengan identifier / / komentar). Ini diabaikan oleh compiler Delphi, tetapi membantu coder memahami kode. Anda dapat klik pada setiap kata yang ditandai dengan warna biru untuk melihat informasi referensi untuk kata itu:


unit Unit1;

 interface

 uses
   Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
   Dialogs, StdCtrls;

 type
   TForm1 = class(TForm)
     Label1: TLabel;      // The label we have added
     Button1: TButton;    // The button we have added
     procedure Button1Click(Sender: TObject);
   private
     { private declarations }
   public
     { public declarations }
   end;

 var
   Form1: TForm1;

 implementation

 {$R *.dfm}

 // The button action we have added
 procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
 begin
   Label1.Caption := 'Hello World';    // Label changed when button pressed
 end;

 end.


Kode ini disebut Satuan dan merupakan modul Delphi - salah satu potongan kode. Jika Anda menyimpan kode ini, akan menyimpan dalam sebuah file yang bernama Unit1.pas - file Pascal.

Unit ini terdiri dari dua bagian utama - bagian antarmuka, yang memberitahu unit apa  tidak. Dan bagian pelaksanaan yang menyimpan kode yang mengimplementasikan antarmuka. Klik pada kata kunci unit dalam kode untuk belajar lebih banyak.


Belajar lebih lanjut ...
Jika Anda ingin belajar lebih, maka coba berikut ini:

0 komentar:

Posting Komentar