Kamis, 12 Juli 2012

Delphi.Net Adalah

Delphi dan Delphi.Net, kalo ditinjau dari sudut bahasa pemrograman sebenarnya sama aja, dalam artian sama2 berbasis bahasa object pascal. Yg membedakan hanya target output-nya aja, output Delphi adalah native executable file, sedang Delphi.Net adalah .Net executable file (CLI?). Bahkan waktu launching Delphi 9 (BDS 2005), didemokan program example Delphi 1 (!) bisa langsung di-compile jadi aplikasi .Net. Keren kan?  Di situlah kelebihan terbesar Delphi dibanding bhs2 pemrograman lainnya seperti VB dan C++ yg kemudian menjadi VB.Net dan C#, yaitu backward compatibility dan code portability. 

Bahkan dgn adanya FPC/Lazarus, code Delphi kita bisa juga dicompile di berbagai platform selain wintel (windows+intel) seperti Linux, MacOS, dlsb. Itu sebabnya pula saya pribadi gak terlalu tertarik untuk pindah ke bahasa lain. Dgn Delphi (object pascal) saya gak terikat dgn platform tertentu. 

Delphi 7 sebenarnya udah "agak" support .Net, krn Delphi 7 juga udah bawa .Net compiler walaupun disediakan secara terpisah. Cuman compiler .Net di Delphi 7 sifatnya masih prototipe (dalam bhs Borland disebut "preview"). Krn itu, gak direkomendasikan untuk building aplikasi .Net yg serius pake Delphi 7. 

Kebingungan ini (beda Delphi dan Delphi.Net) masih banyak terjadi di kalangan Delphi programmer krn, pertama, banyak yg menganggap .Net adalah bhs pemrograman, selayaknya Java. Padahal .Net itu sebenarnya adalah framework. Bahasa pemrograman apapun bisa diterapkan di framework .Net asal ada compiler-nya.  Yg kedua, krn mengamati apa yg terjadi pada VB yg menjadi VB.Net, dimana keduanya udah berbeda banget baik dalam bahasanya maupun metode pemrogramannya. Tapi hal ini gak berlaku di Delphi krn desain bhs object Pascal udah cukup matang untuk mengakomodasi perubahan platform target. Walaupun ada sedikit perbedaan, itu pun sebenarnya gak terlalu signifikan dan bahkan bisa diabaikan. Apalagi sebenarnya yg desain framework .Net juga desainer Delphi.

1 komentar:

  1. minta tolong dong
    ada gak contoh aplikasi delphi net...?
    butuh untuk referensi nih

    BalasHapus